July 22, 2012

Show Hidden Files and Folder

Apakah anda pernah mengalami Flashdisk yang kosong atau sebagian folder/file menghilang ketika dilihat menggunakan Windows Explore, namun ketika diklik kanan --> Properties terdapat space yang digunakan. Nah..kalo anda mengalami masalah yang sama, jangan buru-buru format flashdisk, karena kemungkinan data anda tersembunyi atau hidden.
Saya mencoba membagi sedikit ilmu kepada semua untuk menangani masalah ini. OK langsung saja ke TKP.
  1. Buka Windows Explore anda, masuk pada menu Tools --> Folder Options --> View. Pada bagian  Hidden files and Folders pilih  Show Hidden files and Folders. klik OK. Jika cara ini tidak bisa menampilkan file/folder anda, beralih ke langkah selanjutnya.
  2. Jika cara di atas tidak bisa menampilkan file/folder yang ke hidden maka gunakan Antivirus Smadav, dalam antivirus ini ada fitur untuk mengembalikan file yang ke hidden. Scan flashdisk dengan Smadav, jika scan sudah selesai klik menu Hidden File klik unhidden all. Kalau tidak salah seperti itu. (Maaf saya tidak bisa menampilkan screenshot-nya karena saya tidak menggunakan Smadav). Cara ini cukup mudah karena user friendly. untuk mendapatkan Smadav Googling aja banyak kok.
  3. Langkah berikutnya adalah menggunakan Command Prompt. Cara ini bisa menjadi alternatif jika anda tidak menggunakan Smadav seperti saya.
    • Langkah pertama buka Commang Prompt melalui run ( Window + R ) lalu ketik CMD kemudian tekan Enter. Jika layar hitam berbentuk (console) sudah keluar, ketikkan nama drive yang menjadi posisi flashdisk anda diikuti dengan ":" misal "H:" lalu tekan Enter. Jika tidak bisa melalui Run, Cari pada C: --> Windows --> System32 --> cmd.exe klik 2x.
    • Ketika sudah masuk pada drive H, Seperti gambar di atas ketikkan attrib -r -h -s /s /d tekan Enter sehingga menjadi seperti berikut 
    H:\>attrib -r -h -s /s /d 
    • Tunggu beberapa saat bisa menjadi agak lama jika file/folder yang ke hidden jumlahnya banyak, tunggu saja sampai muncul H:\>_ dengan demikian file yang ke hidden sudah berhasil di kembalikan ke posisi unhidde.
    • Jika anda ingin mengembalikan ke posisi hidden tinggal ganti tanda "-" menjadi "+".
    • Hal ini tidak hanya untuk drive, folder juga bisa menggunakan perintah tersebut tinggal menambahkan cd[spasi]nama folder, kemudian baru ketikkan command (perintah) diatas.

***Semoga Bermanfaat***